Sunday, July 29, 2012

KOPERASI PETANI JAMUR NUSANTARA (KOTANIMURA), BERBASIS EKONOMI, KERAKYATAN, DAN PENDIDIKAN

  
Kotanimura yang didirikan pada tahun 2012 ini, merupakan koperasi yang masih seumur jagung, hal ini menjadi salah satu sorotan didaerah jember. Karena koperasi yang baru berdiri, dengan langkah-langkah nyata untuk mencerdaskan masyarakat Jember, meningkatkan taraf ekonomi, dan memang diperuntukkan untuk masyarakat Jember, secara khusus.
Kotanimura adalah salah satu koperasi dari 1.167 koperasi aktif yang ada di Jember, dan bergerak dalam pertanian, khususnya budi daya jamur, sebagai  salah satu unit usaha.
Usaha budi daya jamur, khususnya jamur tiram, merupakan langkah-langkah startegis, sebagai upaya membangun ekonomi kerakyatan.
Kotanimura yang dipimpin oleh bapak Nurdiasnyah Rachman, terletak di Jl. Lumba-lumba, no. 03, kelurahan sempusari, kecamatan kaliwates, kabupaten Jember.
Segmentasi dari koperasi ini, adalah dalam rangka pembangunan ekonomi, karena dengan ekonomi (Kesejahteraan masyarakat), maka aspek pendidikan juga mampu direalisasikan, untuk menjadikan masyarakat yang beradab. Oleh karena itu perkemangan dari koperasi yang berada diwilah Jember cukup banyak keberadaannya, sebagai bentuk dari pemberdayaan masyarakat secara ekonomis. Koperasi di Jember bisa dilihat dibawah ini:
No
Koperasi di Kabupaten Jember
1
Total Koperasi
1.754 unit

2
koperasi aktif
1.167 unit

3
koperasi tidak aktif
572 unit

4
jumlah anggota
79.007 anggota

5
jumlah manager
1.412 manager

6
Omset Koperasi
Rp 688,7 Milyar






Sumber: Dinas Koperasi dan UMKM Jember
Dari data yang ada, bahwa sebenarnya koperasi  memiliki omzet yang cukup tinggi dalam sirkulasi pemasukan ke daerah Jember, sehingga dengan omset yang cukup besar tersebut, bisa memberdayakan masyarakat secara optimal. (Team Media Kotanimura)

No comments:

Post a Comment