Saturday, July 28, 2012

AGROBIS KOTANIMURA


Perkembangan jamur sebagai salah satu produk olahan konsumsi dewasa ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Di berbagai daerah, banyak bermunculan usaha pertanian yang khusus membudidayakan dan memproduksi jamur, kususnya jamur tiram, menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Bahkan tidak sedikit pula yang mengembangkan usaha pertanian tersebut menjadi sebuah restoran yang menyajikan berbagai macam menu olahan jamur. Salah satu usaha pertanian yang khusus mengembangkan produksi baglog jamur, pembibitan jamur, budidaya jamur, Agrobis kotanimura, sebagai salah satu unit koperasi, yang bergerak dalam budi daya jamur tiram. Agrobis Kotanimura, memproduksi baglog, bibit mulai F0, F1, F2, F3, dan F4 yang sudah siap distribusi pada petani. Sehingga petani cukup menjaga kebersihan dan merawat kondisi bag log sebagai media pertumbuhan jamur dirumah jamur atau kombong.
Kotanimura yang Menempati lahan seluas 500x500 m² di pinggiran Jalan Raya kota Jember. Adalah Bapak Nurdiansyah Rachman yang memiliki ide untuk ‘menyulap’ lahan bekas lokasi pabrik beras yang sudah kurang lebih dua tahun tak terpakai.
Meskipun dikategorikan ‘pemain baru’ dalam industri jamur, namun berkat ketekunan dan dukungan dari berbagi pihak, saat ini Kotanimura sentra budidaya jamur, sudah memiliki 100 petani dengan kapasitas masing-masing petani adalah 10.000 bag log. “Kotanimura saat ini menyediakan jamur tiram segar, jamur kuping kering, aneka bibit jamur (jamur tiram, jamur kuping.
Ide untuk mengembangkan lokasi usahanya dengan sebuah bisnis yang dibawah naungan koperasi tidak terlepas dari tingginya minat masyarakat untuk mengkonsumsi jamur sebagai salah satu kuliner alternatif yang mengandung gizi. Berdasarkan penelitian, kandungan mineral pada jamur lebih tinggi daripada daging sapi atau domba, bahkan hampir dua kali lipat jumlah garam mineral dalam sayuran. Sehingga tidak heran, banyak lokasi usaha yang menyajikan makanan olahan jamur, saat ini banyak diserbu dan diburu masyarakat. (Team Media Kotanimura)

1 comment: