Tuesday, July 31, 2012

“JAMUR TIRAM” PELUANG PASAR LOKAL SAMPAI EKSPOR

 
Kebutuhan akan jamur konsumsi dinegara-negara bagian, seperti korea selatan, jepang, thailan, dan amerika latin masih cukup tinggi terhadap permintaan jamur. Tentu saja peluang tersebut ditangkap oleh Kotanimura, sebagai salah satu koperasi dengan unit usahanya jamur tiram, dalam rangka memenuhi pasar. Pemenuhan terhadap pasar mulai dari local sampai pada pasar ekspor. “Sayangnya, pesanan jamur mentah untuk ekspor tersebut, sampai kini masih sangat kurang terpenuhi, karena secara umum para petani jamur sudah puas dengan pasar lokal. Padahal banyak pembeli yang bersedia menghargai jamur-jamur mentah hasil produk di Indonesia ini, sampai 2-3 dolar AS/kg, dibandingkan dengan harga lokal yang masih stagnan sekitar Rp. 7.000,00 – 8.000,00/kg.
Terbukanya pasar ekspor jamur diperoleh melalui upaya pembukaan jaringan pasar baru, dengan melihat tren pasar. Dari sejumlah peluang, produk jamur asal Indonesia ternyata memperoleh respons pasar yang tinggi, apalagi cita rasa dan harganya paling bersaing.
Tingginya minat dari pembeli juga tak terlepas dari kemampuan para petani jamur dikawasana Nusantara ini yang sudah sangat mahir menguasai teknologi produksi. Secara umum pula, para petani jamur tak kesulitan memenuhi jenis pesanan yang ditentukan pembeli.
Kendati demikian, besarnya peluang ekspor produk jamur mentah, masih “tersandung” mahalnya biaya pengapalan, dan pengurusan surat-surat izin ekspor lainnya. Situasi demikian, menjadi tantangan besar yang harus dapat diatasi, disinilah Kotanimura, mulai dari surat ijin usaha, sampai pada sertifikasi halal sudah mampu dipenuhi, sehingga Koperasi Petani Jamur Nusantara secara legal formal sudah memenuhi syarat, untuk melakukan pengiriman ekspor. Oleh karena itu sangat diharapkan kebijakan pemerintah untuk penurunan biaya cukai, untuk memotivasi usaha para petani jamur di berbagai daerah. (Team Media Kotanimura)

1 comment:

  1. wow hebat bisa sampai ekspor min..
    klo sekali ekspor sampai brp kilo ,admin?

    klo boleh tau jember mana nih tmptnya?
    saya orang jember

    ReplyDelete