Wednesday, June 13, 2012

VISI DAN MISI KOTANIMURA

         
 

VISI

1. Menjadikan Koperasi Petani Jamur Nusantara (KOTANIMURA), sebagai badan usaha yang melakukan perubahan berpikir dari inward looking menjadi outward looking, sehingga mampu mengangkat taraf hidup, derajat, dan martabat anggota serta masyarakat petani dalam bidang kehidupan ekonomi sebagai basis bagi peningkatan kehidupan pendidikan, budaya, agama dan sosial serta aspek-aspek kehidupan lainnya.

2. Menjadikan KOTANIMURA sebagai lokomotif dan model alternatif dari sistem ekonomi kerakyatan dalam memberdayakan fungsi dan peran petani sebagai tulang punggung kehidupan ekonomi Nasional yang kini mengalami pasang surut dalam kancah pergulatan ekonomi nasional maupun global.

3. Membangun sikap mental dan keahlian profesional para anggota dan pengurus Koperasi dalam bidang garapan masing-masing, serta mampu menularkan keahlian dan profesionalisme kepada para petani yang menjadi mitra kerja dan lingkup sosial garapannya. 

4.  Menjadikan kebudayaan dan ke’arifan lokal sebagai aset.

MOTO PENCITRAAN:

“PERUBAHAN ITU PASTI:  BERGERAK SEKARANG ATAU TIDAK SAMA SEKALI”

MOTO PENGELOLAAN:

DI JALAN INI TIADA TEMPAT UNTUK BERHENTI.  SIKAP YANG LAMBAN BERARTI MATI. MEREKA YANG BERGERAK MEREKALAH YANG TERDEPAN. DIAM SEJENAK PUN AKAN TERGILAS.  DAN  SANG WAKTU TAK KENAL KOMPROMI.

MISI

1. Membangun tradisi kemitran sebagai azas ekonomi kerakyatan yang melibatkan dan menjadikan tradisi dan agama sebagai soko guru dan norma kehidupan ekonomi masyarakat. Tradisi yang dibangun di atas menaganut pada prinsip “saling asah, saling asih dan saling asuh.

2.  Menyiapkan komunitas petani yang memiliki kesadaran terhadap pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Hal ini merupakan paradigma dan norma yang dipegang teguh oleh para petani tradisonal, akan tetapi juga memiliki wawasan modern dan terbuka terhadap perkembangan teknologi. Serta memiliki apresiasi terhadap kelestarian lingkungan hidup.

3. Melakukan penyadaran budaya dan re-enkulturisasi budaya serta ke’arifan dalam kehidupan masyarakat petani, sehingga terbentuk kesadaran budaya dan terbentuk mental yang berpijak di atas nilai-nilai ke’rifan lokal dalam kehidupan masyarakat petani.

4.   Melakukan dan mengembangkan tradisi penelitian di kalangan anggota koperasi dan para petani bagi pengembangan proses dan produk pertanian secara interdisipliner yang terpadu yang berlandasakan azas kelestarian, penguatan ekonomi dan nilai-nilai kemanusiaan.

5. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam bidang yang relevan dengan bidang garapan Koperasi, baik langsung maupun tidak langsung, bagi seluruh anggota Koperasi dan masyarakat petani demi terwujudnya komunitas yang memiliki sikap dan mental serta keahlian profesional dalam bidang garapan masing-masing. (Ketua Kotanimura)

No comments:

Post a Comment