Saturday, July 14, 2012

MENGOLAH JAMUR TIRAM SEGAR

Pemutih / pendinginan instalasi untuk jamur 

    
Sehubungan jamur pengolahan blansing / pendinginan instalasi sangat penting untuk kualitas produk akhir. Instalasi ini dibangun sehingga produk terus-menerus - dan tanpa rusak - diangkut melalui sistem. Dengan cara ini pengawetan jamur berkualitas tinggi adalah mungkin.
·  Efisien transfer panas
·  Optimal pendinginan
Melestarikan Jamur Segar Anda
Selama dua minggu ke depan kita akan menjelajahi banyak cara untuk melestarikan jamur segar Anda. Dari Pemutih untuk pengawetan, kita akan lihat bagaimana, mengapa dan pro dan kontra dari metode ini melestarikan.
Cara Rebus Jamur
Blansing adalah cara handiest untuk melestarikan sejumlah besar jamur. Pertama Anda harus mulai dengan mencuci jamur. Menempatkan mereka dalam saringan dan siram dengan air es mereka untuk menghilangkan partikel gambut. Selanjutnya, menjerumuskan jamur bersih langsung ke panci air mendidih. Hapus jamur setelah 3 menit dengan saringan dan terjun ke air dingin, ini akan segera menghentikan proses memasak. Setelah didinginkan, jamur harus dibilas dan kemudian tempat dalam wadah plastik freezer. Pastikan untuk meninggalkan ruang atas cukup, sekitar 1 inci, dalam wadah sehingga tidak pecah. Kecil 8 oz kontainer pekerjaan besar karena mereka biasanya cukup untuk jatuh ke resep apapun. Label wadah dengan tanggal dan pop ke dalam freezer.
Menggunakan
Jamur pucat yang besar ketika mereka digunakan dalam sup, semur, dan saus pasta. Prep semudah menghapus dari pembekuan dan menjatuhkan jamur beku ke dalam panci. Tidak perlu untuk defrost sebelum tangan.
 Pro
- Blansing berhenti aksi enzimatik dan mencegah jamur dari berubah menjadi bubur.
- Sangat mudah dilakukan dalam jumlah besar jamur dalam waktu singkat.
- Sangat mudah digunakan, hanya menempatkan massa beku langsung ke panci masak.
- Menahan rasa jamur juga.
Kontra
-Jamur pucat bukan dari kualitas untuk menggoreng atau tumis atau renyah.
- Biasanya terbatas pada "Satu Memasak Pot". (Team Media Kotanimura)

 
Getaran Lantunan Ayat Suci Al-Qur'an 
mempercepat pertumbuhan misellium

 
Menurut Drs. Mukhsin M,Si gelombang suara dari musik menggetarkan molekul udara dan Molekul udara yang bergetar akan menggetarkan molekul udara lain. Pada saat yang sama terjadi perpindahan energi antar molekul. Energi itulah yang memacu metabolisme sel-sel jamur. ‘Penyerapan nutrisi dan aktivitas enzim yang dihasilkan jamur semakin optimal,’ kata guru bidang ilmu bioteknologi jamur pangan itu.
Drs. Mukhsin M,Si, salah satu pengawas koperasi sekaligus petani jamur membuktikan bahwa peran gelombang suara terhadap pertumbuhan jamur. Ia menyetel beragam aliran musik seperti pop dan dangdut, serta lantunan ayat suci Al-Quran di dalam ruang inkubasi. Volume suara diatur hanya separuh dari volume maksimum pada tape. ‘Frekuensinya tidak lebih dari 400 hertz,’ kata Mukhsin.
Hasil penelitian menunjukkan baglog jamur yang diberi lantunan ayat suci saat inkubasi memacu pertumbuhan miselium lebih cepat ketimbang jenis musik lain dan kontrol. Pada hari ke-15, miselium sudah merata di sekujur baglog sehingga bisa dibuka untuk menumbuhkan tubuh buah. Sedangkan baglog kontrol alias tanpa perlakuan butuh waktu 45 hari. Belum diketahui pasti duduk perkara lantunan ayat suci memacu pertumbuhan miselium lebih cepat. ‘Mungkin frekuensi lantunan ayat suci paling ideal bagi pertumbuhan jamur. (Team Media Kotanimura)


No comments:

Post a Comment